MENGUBAH RELASI YANG TERKUTUK MENJADI RELASI YANG PENUH BERKAT

Jpeg

 

  1. Judul buku                : Is Your Love Tank Empty?
  2. Penulis                     : Bo Sanchez
  3. Penerjemah              : Sianita Widjaya
  4. Nama penerbit          : Fiat Lux Publishing
  5. Cetakan/tahun terbit  : I / Februari 2015
  6. Jumlah halaman        : 148 halaman
  7. Dimensi                   : 140 mm x 215 mm

Mengapa dia tidak bisa memahami diriku? Mengapa dia tidak bisa melakukan hal sederhana itu? Mengapa dia menyakitiku? Mengapa dia mengucapkan kata-kata kasar kepadaku? Berjuta pertanyaan kerap kali muncul dalam pikiran kita setiap kali muncul persoalan dalam relasi kita. Memiliki relasi adalah kebutuhan alami setiap individu. Manusia diciptakan tidak untuk hidup seorang diri, tetapi untuk hidup di dalam sebuah komunitas bersama dengan manusia yang lain. Persoalan dan konflik adalah bagian yang tidak terlepaskan dari sebuah relasi. Di dalam relasi apa pun, persoalan dan konflik tidak bisa dihindari. Pertanyaan selanjutnya adalah: mengapa setiap orang dalam relasi saya tidak pernah bisa memenuhi kebutuhan emosional saya 100%? Mengapa orang-orang terdekat saya bisa, pernah, dan selalu akan menyakiti hati saya?

Pewarta awam dan pengusaha, Bo Sanchez, mengajak setiap orang yang ingin memecahkan masalah terbesar dalam hidupnya untuk melihat akar dari permasalahan hidup itu sendiri. Setiap orang—disadari atau tidak—diciptakan dengan ‘tangki cinta’. Setiap orang haus dan butuh akan cinta. Namun, pemenuhan kebutuhan akan cinta itu seringkali dicari pada tempat yang salah. Kita mencari cinta pada pasangan mereka, orang tua mereka, anak mereka, teman-teman, sahabat, rekan kerja, dan orang-orang lain yang mereka jumpai. Kita berharap orang-orang itu dapat memenuhi tangki cinta kita, memenuhi kerinduan kita untuk dicintai, memenuhi kebutuhan kita akan cinta. Faktanya, seberapa banyak orang-orang yang kita kenal, seberapa dalam relasi kita dengan seseorang, seberapa lama kita mengenal orang lain, tidak pernah ada seorang pun atau satu relasi pun yang dapat memenuhi kebutuhan kita akan cinta. Akibatnya kita sering merasa tidak puas dan menuntut orang-orang yang berelasi dengan kita untuk berusaha memenuhi tangki cinta kita.

Manusia diciptakan menurut citra Allah dan manusia diberi kuasa atas segala binatang dan tumbuhan yang ada di bumi, namun manusia tidak akan perhah bisa menguasai manusia lain—karena manusia adalah gambaran Allah. Kesadaran bahwa kita tidak diciptakan untuk mengontrol satu sama lain, kemauan untuk menyadari dengan rendah hati bahwa (mungkin) banyak relasi kita yang terkutuk (CURSED: control, unforgiving, reactive, shaming, ego-driven), dan kemauan untuk mengubah pemikiran kita yang egosentris sangat diperlukan dalam usaha membangun relasi yang sehat dan menemukan tempat yang benar untuk memenuhi kebutuhan kita akan cinta.

Pada akhirnya kita akan disadarkan bahwa hanya Tuhan-lah yang dapat memenuhi tangki cinta kita. Itulah sebabnya Tuhan menciptakan manusia dengan kebutuhan akan cinta: agar manusia kembali dan mencariNya. Dengan menyadari bahwa hanya Tuhan yang dapat memenuhi tangki cinta kita, kita bisa mulai mengubah paradigma kita untuk tidak lagi menuntut kesempurnaan dari diri orang-orang yang berelasi dengan kita. Kita bisa memilih untuk menjadi rendah hati, mengasihi semua orang, dan bahkan menuntun orang lain untuk menemukan tempat yang benar bagi pemenuhan kebutuhan cintanya.

Melalui dua puluh sembilan bagian dalam buku ini, Bo Sanchez memberikan penjelasan, tuntunan, dan penyadaran yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan cinta dengan cara yang benar. Dengan penyampaian yang menarik dan tidak pernah lepas dari humor-humor ringan khasnya, buku Is Your Love Tank Empty? bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulai transformasi Anda menjadi manusia baru yang bebas dari rasa tidak aman dan kehausan akan cinta yang keliru.

Mengubah diri dan pemikiran yang telah tertanam selama ini—bahwa setiap orang yang berelasi dengan saya harus bisa membuat saya bahagia—tidaklah mudah. Perlu kerendahan hati dan kemauan yang keras untuk bisa mendapatkan revolusi mental dan berbalik arah menuju kepada Tuhan, sang Pemenuh Cinta yang sejati. Namun, dengan memahami dan berusaha untuk mengikuti saran yang disampaikan Bo dalam buku Is Your Love Tank Empty? ini setidaknya kita telah membuka pintu menuju kehidupan baru yang jauh lebih indah dan bermakna.

Buku Is Your Love Tank Empty? ini tidak hanya membawa kita untuk memahami akar dari masalah terbesar dalam hidup kita, tetapi juga memberikan arahan bagaimana memulai hidup yang baru dengan pemahaman kita yang telah diperbarui. Siapa saja yang membaca dan berusaha menerapkan apa yang disampaikan Bo Sanchez dalam buku ini pasti akan merasa terberkati luar biasa—seperti yang saya rasakan. Salah satu bagian paling menarik bagi saya adalah Bab 26: Jangan menerima apa yang layak Anda dapatkan! Bagaimana memahami perumpamaan tentang pekerja yang diberi upah sama meskipun jam kerjanya jauh berbeda—memahami bagaimana Tuhan dengan murah hati memberikan rahmatnya, bagaimana mengubah pemikiran untuk hidup bukan karena keadilan, tetapi karena rahmat—disampaikan dengan ringan namun mengena. Akhirnya, membaca buku Is Your Love Tank Empty? menurut saya tidak akan pernah menjadi pengalaman yang Anda sesali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s