MEDITASI: METODE MELEPASKAN UNTUK MENCAPAI KEDAMAIAN

Jpeg

 

  1. Judul buku                : Bukan Siapa Siapa
  2. Penulis                     : Ajahn Brahm
  3. Penerjemah              : Tasfan Santacitta
  4. Nama penerbit          : Awareness Publication
  5. Cetakan/tahun terbit  : I / Februari 2013
  6. Jumlah halaman        : 220 halaman
  7. Dimensi                    : 140 mm x 210 mm

Apakah Anda pernah merasa lelah dengan semua kekecewaan, penderitaan, hingar bingar dan kesenangan duniawi yang ada di sekitar Anda? Semakin berkembangnya zaman membuat dunia seolah bergerak semakin cepat. Hal ini menyebabkan pikiran dan jiwa kita pun seolah harus mengikuti pergerakan zaman yang semakin cepat itu. Kondisi seperti ini seringkali membuat kita kehilangan kesadaran terhadap kehidupan itu sendiri dan bahkan hilangnya kesadaran terhadap diri sendiri. Kita terlalu larut dalam hiruk pikuk dan kesibukan dunia sehingga rasanya begitu sulit menghadapi saat hening sejenak saja. Berdiam diri sejenak saja menimbulkan perasaan aneh dan tak nyaman yang membuat kita selalu  haus akan kegiatan, haus akan kesibukan, dan haus akan orang atau benda yang dapat membuat diri kita menghindari saat-saat hening dan sepi.

Kesadaran bahwa hidup seharusnya tidak perlu bergerak begitu cepat mengikuti arus dunia dan bahwa hakikat kita sebagai manusia dan makhluk ciptaan Ilahi justru dapat disadari dalam keheningan menjadi kerinduan yang perlu kita tumbuhkan kembali dari tidur. Ajahn Brahm dalam buku Bukan Siapa Siapa mengajak pembaca untuk lebih mengenal dan menghayati momen meditasi. Meditasi dipandang sebagai satu-satunya jalan keheningan untuk membawa manusia menemukan pencerahan. Meditasi akan membantu seseorang untuk lebih mampu menghadapi kehidupan yang seringkali semakin semrawut. Meditasi menjadi latihan yang sangat baik untuk membantu orang melepaskan apa saja yang melekati hati dan pikirannya. Meditasi adalah satu-satunya jalan untuk menemukan kesatuan alami manusia dengan alam semesta.

Meskipun dibalut dengan ajaran Buddish, buku Bukan Siapa Siapa dapat menjadi panduan yang baik untuk menemukan makna dari keheningan. Kebahagiaan sejati tidak bisa ditemukan dari hal-hal yang ditawarkan dunia. Kebahagiaan sejati justru dapat ditemukan dari keheningan, dari melepaskan semua hal yang melekat, dari menghilangkan ‘keakuan’ dari diri sendiri. Momen pencerahan itulah, puncak dari meditasi, yang menjadi kerinduan bagi setiap orang untuk merasakan kebahagiaan sejati. Namun sekali lagi, meditasi seharusnya tidak dilakukan dengan motivasi untuk memperoleh sesuatu, tetapi justru untuk melepaskan segalanya. Meditasi membantu orang untuk bisa lebih menghargai momen saat ini, melepaskan masa lalu dan masa depan dan hidup pada masa kini. Hanya dengan menyadari dan hadir sepenuhnya saat ini, seseorang akan mampu memperoleh kebahagiaan sejati; bebas dari penyesalan akan masa lalu maupun kekhawatiran akan masa depan.

Dengan pembawaan yang ringan namun tetap berbobot, Ajahn Brahm mampu membawa pembaca untuk menyelami lebih dalam dunia meditasi. Membaca buku Bukan Siapa Siapa akan membawa Anda  untuk lebih ingin melepaskan kelekatan pada dunia dan memotivasi Anda untuk lebih mendalami dunia meditasi. Meditasi bukanlah tujuan akhir. Meditasi bukan bertujuan untuk memperoleh sesuatu. Meditasi justru adalah metode untuk melepaskan segalanya. Namun, justru dengan demikian manusia akan semakin dekat dengan sang Ilahi. Tanpa membawa apa pun kita datang ke dunia, demikian juga seharusnya kita tidak terlekat dengan apa pun ketika kita menjalani hidup, dan tidak juga kita membawa apa pun ketika kita meninggalkan dunia.

Bukan Siapa Siapa adalah buku wajib bagi siapa saja yang ingin mengenal dunia meditasi, baik pemula maupun yang ingin mendalami lebih lanjut mengenai dunia meditasi. Buku ini juga cocok dibaca oleh siapa saja yang ingin mengenal cara lain yang sangat jauh berbeda dengan cara-cara yang ditawarkan dunia dalam memperoleh kebahagiaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s