MENYADARI PENGHARGAAN DIRI UNTUK MENCEGAH PENINDASAN

1156872_L

  1. Judul buku                : Stand Strong
  2. Penulis                     : Nick Vujicic
  3. Penerjemah              : Agnes Cynthia
  4. Nama penerbit          : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama
  5. Cetakan/tahun terbit  : I / 2014
  6. Jumlah halaman        : 248 halaman
  7. Dimensi                    : 135 mm x 240 mm

Maraknya penindasan yang dialami baik oleh anak-anak maupun orang dewasa merupakan sebuah keprihatinan hingga masa kini. Begitu banyak korban penindasan yang mengalami penurunan penghargaan terhadap diri sendiri, depresi, cacat fisik, bahkan meninggal dunia. Sebuah ironi ketika sekolah yang seharusnya menjadi tempat bersosialisasi dan lembaga pendidikan justru seringkali menjadi tempat di mana penindasan sangat sering terjadi. Anak-anak yang ‘berbeda’ seringkali menjadi sasaran utama dari penindasan tersebut. Nick Vujicic memahami benar perasaan para korban penindasan karena ia telah mengalaminya sendiri sejak kecil. Dengan kondisinya yang sangat berbeda dan tampak ‘tidak berdaya’, Nick kerap menjadi korban penindasan orang-orang di sekitarnya baik secara verbal maupun secara fisik.

Keprihatinan akan efek jangka panjang dari penindasan menjadi motivasi Nick Vujicic untuk menuliskan buku Stand Strong. Buku ini tidak hanya berisi tips untuk para korban penindasan, tetapi juga menjadi sebuah pengingat bagi para penindas. Siapa pun dapat berperan menjadi penindas maupun korban penindasan. Tidak jarang korban penindasan justru dapat tumbuh menjadi seorang penindas ketika ia dewasa. Untuk memerangi pengaruh negatif penindasan, melalui buku Stand Strong ini Nick mencoba memaparkan beberapa cara untuk menghadapi penindasan: mulai dari mengenali diri sendiri dan menciptakan definisi pribadi sehingga apa pun yang dikatakan atau dilakukan penindas tidak akan bisa mempengaruhi nilai diri kita, menciptakan zona aman dan membangun kekuatan dari keluarga serta teman-teman yang benar-benar memahami kita, meningkatkan keyakinan bahwa Tuhan mencintai kita, menemukan hal-hal positif dari penindasan yang bisa kita jadikan batu pijakan untuk melangkah lebih sukses, serta menawarkan uluran tangan bagi mereka yang sedang mengalami penindasan.

Dengan cara penyampaian yang menarik, Nick Vujicic mampu membawa pembaca untuk menyadari kekuatan diri yang ada di dalam diri setiap orang, dukungan dari orang-orang terdekat, serta tak lupa penyertaan dari Allah Yang Mahabaik. Siapa lagi yang bisa menjelaskan dengan lebih meyakinkan bagaimana cara terbaik menghadapi penindasan selain seseorang yang pernah mengalaminya? Namun demikian, Nick mengakui tidak ada cara yang pasti cocok untuk tipe penindasan tertentu. Kadang kita harus lari dari penindasan itu, kadang kita bisa saja mengkonfrontasinya. Yang terpenting adalah, jangan biarkan penindasan itu menghancurkan citra dirimu. Kita semua adalah ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa. Dengan meyakini dan selalu mengingat akan hal itu, kita akan selalu merasa berharga. Walaupun tidak ada seorang pun yang sepertinya menghargai kita, ingatlah bahwa Tuhan menganggap kita berharga.

Stand Strong adalah buku yang sangat direkomendasikan untuk siapa pun yang merasa mengalami penindasan, baik dari luar maupun dari dalam diri sendiri. Ya, pikiran-pikiran negatif juga bisa menjadi ‘penindas’ tersembunyi dalam diri kita. Bangkitlah dari penindasan, bukan untuk balas menindas, melainkan untuk memberi penghargaan bagi diri kita sendiri. Kita berharga dan tidak ada seorang pun yang mampu mengubahnya, baik dengan perkataan maupun perbuatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s