BISTIK AYAM

Berhubung akhir-akhir ini saya jadi mulai suka menekuni lagi hobi masak-memasak, saya mau berbagi resep masakan yang saya coba untuk jadi menu sarapan dalam beberapa hari terakhir ini. Resep ini adalah modifikasi dari resep yang saya lihat di SajianSedap, saya sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah dan dengan selera rasa lidah saya hehehe. Silakan bagi yang ingin mencoba resep ini.

 

IMG_20150709_052644

BAHAN:

1. Daging ayam 100 gram, potong kotak-kotak kecil atau tipis-tipis.

2. Bumbu untuk melumuri ayam:

  •  Air jeruk nipis 1 sdt
  •  Garam secukupnya (~1/2 sdt)
  •  Merica secukupnya (~1/4 sdt)
  •  Kecap inggris 1 sdt
  •  Gula pasir (jika suka rasa yang agak manis) 1 sdt

3. Kentang 100 gram, potong tipis-tipis atau bentuk balok, goreng kering

4. Buncis dan wortel sesuai selera (kalau yang saya buat wortel sedang 2 buah dan buncis 100 gram), potong dengan panjang ~5 cm, rebus sebentar sampai matang tapi jangan terlalu masak (teksturnya masih agak ‘krispi’)

5. 1 butir telur ayam, rebus sampai matang, belah menjadi dua.

6. Bahan saos:

  •  Kaldu ayam 500 ml (bisa dibuat dari kaldu ayam bubuk ½ bungkus/3.5 gram dilarutkan dalam air 500 ml)
  •  Bawang bombay ½ butir, potong memanjang tipis-tipis
  •  Saos tomat 3 sdm
  •  Kecap inggris 1 sdm
  •  Garam ½ sdt
  •  Merica ¼ sdt
  •  Pala bubuk ¼ sdt
  •  Kecap manis 3 sdm
  •  Gula pasir 3 sdm (jika suka rasa saos agak manis)
  •  Tepung maizena 3 sdt dilarutkan dalam 1 sdm air

*Kalau mau lebih praktis, bisa bikin dari saos asam manis saja tinggal dipanaskan bersama tumisan bawang bombay dan dikentalkan dengan larutan tepung maizena 🙂

7. Minyak goreng untuk menumis saos dan menggoreng kentang serta ayam

CARA MEMASAK:

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis lalu lumuri lagi dengan bumbu pelumur (bumbu bisa dicampur dulu baru kemudian dibalurkan pada daging ayam), diamkan/simpan di dalam kulkas selama ~30 menit. Jika akan dimasak untuk keesokan harinya, simpan di wadah tertutup dan masukkan dalam kulkas (tidak perlu di freezer).
  2. Goreng kentang yang telah dipotong tipis-tipis dengan minyak goreng. Minyak sisa menggoreng kentang bisa dipakai untuk menggoreng ayam yang telah dibumbui.
  3. Rebus telur, wortel, dan buncis. Untuk merebus wortel dan buncis, disarankan merebus dulu air sampai mendidih baru masukkan wortel/buncis. Tunggu dan cek tekstur wortel/buncis, kalau sudah gampang ditusuk dengan garpu berarti sudah cukup matang. Jangan terlalu lama merebus wortel/buncis karena teksturnya akan jadi terlalu lembek. Jika merebus wortel dan buncis bersamaan, buncis biasanya lebih cepat matang jadi harus diangkat dan ditiriskan lebih dulu. Dinginkan di udara terbuka lalu simpan di wadah tertutup.
  4. Untuk memasak saos, tumis bawang bombay dengan minyak goreng secukupnya atau dengan 2 sdm mentega. Setelah bawang bombay layu dan tercium aroma wangi, masukkan saos tomat, kecap, kecap inggris, garam, merica, dan pala. Kemudian masukkan kaldu ayam, aduk sampai rata dan mendidih. Masukkan gula pasir, aduk rata dan sampai mendidih. Kemudian baru masukkan larutan tepung maizena, aduk rata sampai meletup-letup dan adonan saos mengental. Dinginkan.
  5. Bistik ayam sederhana siap disajikan. Jika ingin dimakan bersama nasi putih juga bisa, tapi dengan adanya kentang goreng sudah menjadi sumber karbohidrat untuk makanan yang cocok dimakan pagi, siang, maupun malam hari ini.

Selamat mencoba! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s