Mengenal Berbagai Tipe Doa ~ Apakah Kita Sudah Berdoa dengan Benar?

Jpeg

a. Judul buku                : Doa yang Dikabulkan
b. Penulis                     : Catherine Marshall
c. Penerjemah              : Betsy T.
d. Nama penerbit          : BPK Gunung Mulia
e. Cetakan/tahun terbit : XXV / 2014
f. Jumlah halaman        : 117 halaman
g. Dimensi                   : 130 mm x 180 mm

Mengapa doa-doa saya tidak dikabulkan? Tentu ada beragam jawaban untuk pertanyaan tersebut. Salah satu yang bisa kita renungkan adalah, apakah kita sudah berdoa dengan benar? Seringkali yang kita sebut dengan ‘doa’ tidak lebih dari rongrongan kita kepada Tuhan, desakan kita agar Tuhan segera mengabulkan doa kita. Ketika doa-doa kita tak kunjung mendapat jawaban atau tidak dikabulkan, kita menjadi frustasi dan marah kepada Tuhan, padahal bisa jadi semua itu berakar dari kekurangtahuan kita akan doa yang benar, cara berkomunikasi yang baik dengan Sang Pencipta yang akan menjadi pintu masuk bagi terkabulnya doa-doa kita.

Melalui buku Doa yang Dikabulkan, Catherine Marshall ingin mengajak para pembaca untuk mengenal berbagai jenis doa. Doa yang meminta, doa mengakui ketidakberdayaan kita, doa yang membantu mewujudkan angan-angan, doa yang menunggu, doa penyerahan, doa yang dirahasiakan, doa pelimpahan berkat dan sukacita, serta doa menagih janji Tuhan adalah delapan jenis doa yang dipaparkan secara apik, ringkas, santai, namun mengena. Setiap bab berisi pemaparan satu jenis doa yang disertai dengan pengalaman nyata, kesaksian baik dari pengalaman Catherine Marshall sendiri maupun dari kisah hidup orang-orang yang dikenalnya.

Memang tidak ada panduan atau aturan baku mengenai rumusan doa atau bagaimana kita harus berdoa. Doa sepenuhnya adalah komunikasi pribadi kita dengan Sang Ilahi. Bagaimana kita bersikap saat berdoa dan bagaimana susunan kalimat kita dalam doa sejatinya bukanlah inti dari doa. Yang terpenting adalah makna dan isi dari doa kita. ‘Sudahkah kita berdoa dengan benar?’ sesungguhnya mempertanyakan isi dari doa yang kita panjatkan. Apakah kita telah meminta dengan jujur kepada Allah Sang Sumber Segalanya, apakah kita telah mengakui ketidakberdayaan kita dalam menghadapi persoalan hidup, apakah kita telah menyerahkan harapan kita sepenuhnya kepadaNya, apakah kita rela menunggu jawaban atas doa-doa kita, apakah kita terbiasa menunjukkan kepada orang lain ketika kita berdoa, apakah kita telah mampu mendoakan orang lain dan memohonkan berkat bagi mereka termasuk mereka yang telah menyakiti hati kita, apakah kita telah dengan berani menagih janji Tuhan bagi hidup kita?

Buku Doa yang Dikabulkan ini sangat cocok dibaca semua kalangan, siapa saja yang ingin mengetahui dan belajar lebih banyak mengenai doa-doa yang berkenan kepada Tuhan. Buku yang sarat makna ini bisa menjadi lebih baik lagi dengan desain dan penyusunan layout yang lebih menarik tanpa mengurangi esensi dari buku ini. Yang jelas, Doa yang Dikabulkan sangat direkomendasikan untuk segenap umat Kristiani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s