Berani Bertindak Ketika Perubahan Datang

58-8484.LPmr2

  1. Judul buku                 : Our Iceberg is Melting
  2. Penulis                      : John Kotter dan Holger Rathgeber
  3. Penerjemah                 : Maria Rini
  4. Nama penerbit             : PT Elex Media Komputindo
  5. Cetakan/tahun terbit     : I / 2007
  6. Jumlah halaman          : 165 halaman
  7. Dimensi                     : 145 mm x 215 mm

Gunung es kita akan mencair! Ketika sebuah koloni penguin mendengar kabar ini, awalnya mereka tidak menganggapinya dengan serius. Namun, ketika tanda-tanda mulai tampak meyakinkan, mereka menjadi panik, meski ada juga penguin yang tidak menghiraukan tanda-tanda itu. Fred, si penguin pertama yang melihat tanda-tanda itu menjadi tokoh sentral yang mengawali perubahan besar dalam koloni penguin di tempat tinggalnya. Bersama Alice, salah satu anggota dewan yang adil, obyektif, dan tangkas, serta Louis sang pimpinan koloni dan Profesor penguin, Fred berjuang untuk meyakinkan koloninya bahwa tanda-tanda bencana yang akan terjadi bukanlah akhir segalanya. Selalu ada jalan yang bisa ditempuh dan diusahakan untuk menemukan tempat tinggal yang baru. Pertanyaannya, maukah koloni itu meninggalkan tempat tinggal mereka yang nyaman dan telah bertahun-tahun mereka tempati tanpa ada masalah? Akankah mereka lebih mendengarkan NoNo, si penguin peramal cuaca yang apatis dan selalu berusaha meyakinkan koloni bahwa semuanya akan baik-baik saja meskipun tanda-tanda yang tampak adalah kebalikannya?

Seringkali dalam hidup kita mengalami saat-saat dimana ‘gunung es’ kita sepertinya akan mencair. Gunung es ini bisa berupa pekerjaan, hubungan, atau apa pun yang menjadi ‘zona nyaman’ kita. Ketika situasi berubah dan zona nyaman itu mulai terusik, ada banyak pilihan yang bisa dilakukan. Apakah kita akan mengambil langkah berani untuk meninggalkan zona nyaman kita, mengatasi tantangan yang ada dan bersiap menghadapi tantangan baru, atau  apakah kita hanya akan tetap menunggu dan berharap semuanya akan kembali baik dengan sendirinya?

Buku Our Iceberg is Melting mengajak kita untuk berefleksi tentang kemungkinan-kemungkinan perubahan situasi yang bisa saja terjadi dalam kehidupan kita dan menawarkan panduan bagaimana menghadapi perubahan situasi tersebut. Berkaca dari kisah Fred dan kawan-kawannya, selalu ada yang bisa kita lakukan dalam menghadapi situasi yang berubah selain hanya berdiam diri dan menunggu semuanya ‘pulih’. Tidak masalah apa posisi kita dalam sebuah organisasi atau perusahaan, selalu ada yang bisa kita lakukan sesuai dengan peran kita masing-masing untuk membantu koloni atau organisasi kita selamat dari gunung es yang segera mencair. Kenyataannya, akan selalu ada tantangan baik dari dalam maupun luar koloni ketika kita memutuskan untuk mengambil risiko tantangan yang baru, tetapi keyakinan yang teguh dan komitmen bersama untuk mencapai tujuan yang sama akan membawa koloni kita keluar dari badai persoalan dan menemukan tempat yang jauh lebih baik dengan tantangan-tantangan barunya.

Our Iceberg is Melting  menawarkan kisah reflektif yang sangat relevan dengan kondisi yang sering terjadi dalam kehidupan kita. Dengan alur kisah yang sederhana dan mudah dipahami, John Kotter sukses meramu kiat-kiat penyelesaian masalah agar dapat dicerna oleh siapa pun yang membaca buku ini. Disertai ilustrasi yang menarik, Our Iceberg is Melting bisa menjadi bacaan ringan dan menghibur, tetapi sarat dengan nilai-nilai penting kehidupan, khususnya ketika kita tengah berada di dalam perubahan situasi dari zona nyaman kita.

Buku ini bisa dibaca dan dinikmati siapa saja, tua muda, dengan profesi apapun. Di bagian akhir buku Our Icebergis Melting, John Kotter juga menyajikan ringkasan kiat-kiat menghadapi perubahan yang menjadi inti dan tujuan ditulisnya buku ini. Masalah pekerjaan, relasi, bisnis, atau hal apapun yang suatu saat bisa mengalami perubahan, tentu membutuhkan cara penanganan yang arif untuk memastikan kita sukses melewati perubahan yang terjadi. Ketika Anda membutuhkan bacaan ringan namun berbobot, atau ketika Anda berada dalam pergumulan akan perubahan yang terjadi dalam ‘zona nyaman’ Anda, Our Iceberg is Melting bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu luang Anda.

Pemikiran yang berbeda dapat membantu jalan perubahan menuju hasil yang lebih baik. Perasaan yang berbeda dapat mengubah LEBIH BANYAK sikap dan bahkan akan mencapai hasil yang lebih baik lagi.” (Our Iceberg is Melting)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s