MENJADI SAHABAT DAN PEMBIMBING DALAM PERJALANAN ROHANI YANG PENUH BERKAT

4f699196d0ffaSacred_Companion_Sahabat_Kudus

  1. Judul buku                : Sacred Companions (Sahabat Kudus)
  2. Penulis                     : David G. Benner
  3. Penerjemah               : Tim Literatur Perkantas Jawa Timur
  4. Nama penerbit           : Literatur Perkantas Jawa Timur
  5. Cetakan/tahun terbit    : I / 2012
  6. Jumlah halaman         : 232 halaman
  7. Dimensi                    : 140 mm x 210 mm

Apakah orang-orang di sekitar Anda sering mencari Anda untuk menceritakan pengalaman rohaninya, meminta bantuan Anda untuk berdoa baginya, atau mengatakan bahwa ia ingin bertumbuh dalam iman bersama Anda? Bisa jadi selama ini Anda telah menjadi ‘sahabat kudus’ bagi orang tersebut.

Seorang sahabat kudus atau sahabat rohani adalah sosok yang mutlak diperlukan oleh setiap orang Kristen. Kehadiran mereka tidak hanya akan membantu orang untuk bertumbuh, tetapi juga menjadi orang-orang yang diharapkan dapat membantu sahabatnya menjadi semakin dekat dengan Allah. Sahabat rohani bukanlah konselor atau harus berasal dari kalangan yang memiliki sertifikasi pendidikan teologis. Hal utama yang diperlukan untuk menjadi sahabat rohani adalah kesediaan untuk memberikan diri, berbagi pengalaman dan wawasan, serta bersedia menjadi perantara rahmat Allah agar orang lain pun dapat semakin dekat dan mengenal Allah.

Sebuah hubungan persahabatan sejati akan memiliki lima ciri berikut: kasih, kejujuran, keintiman, timbal balik, dan menjadi pengiring bagi sahabatnya. Kelima ciri tersebut dijelaskan secara detail oleh David G. Benner di dalam buku ini, disertai penjelasan tentang hal-hal lain yang perlu dimiliki seorang sahabat kudus. David juga menjelaskan hubungan antara persahabatan kudus dengan bimbingan rohani—sesuatu yang mungkin sudah banyak dilakukan dalam kelompok-kelompok kristiani, tetapi memiliki sebutan berbeda. Persahabatan rohani diharapkan dapat menjadi proses bimbingan rohani yang pada akhirnya membawa seseorang untuk semakin mengenal dan dekat dengan Allah. Yang terutama bukanlah hubungan persahabatan antarmanusianya saja, namun terlebih hubungan antara manusia dengan Tuhannya.

Buku Sacred Companions ini menarik untuk dibaca, terutama untuk mereka yang merindukan hubungan persahabatan yang sekaligus juga dapat membawa pertumbuhan rohani bagi mereka, maupun bagi mereka yang selama ini—baik secara sadar atau tidak—telah menjalankan perannya sebagai seorang sahabat atau pembimbing rohani. Meski disampaikan dengan tutur bahasa yang serius tapi santai, Sacred Companions merupakan salah satu buku yang menarik dan perlu dibaca, direnungkan, serta dipraktikkan oleh setiap umat Kristen.

Kehadiran sahabat sangat diperlukan dalam perjalanan rohani kita. Bagaimana menemukan seorang sahabat rohani yang cocok dengan kebutuhan Anda, atau bagaimana menjadi seorang sahabat kudus yang dapat menjadi perantara kasih Allah bagi orang lain, bagaimana membawa persahabatan dan bimbingan rohani dalam kelompok-kelompok kecil maupun dalam pernikahan pun dibahas dengan baik di dalam buku ini. Semoga buku ini dapat menginspirasi semakin banyak orang untuk menjalin persahabatan yang kudus dan menjadi seorang sahabat kudus yang sejati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s