Trip to Singapore-Malaysia (Day 5~Last Day, Going Home)

Wednesday, 16 July 2014

Pagi yang cerah di hari Rabu, hari terakhir perjalanan kami kali ini di Singapura. Saya bangun pukul enam pagi. Langit masih gelap, demikian juga kamar kami. Sepertinya belum ada yang bangun selain saya. Sebenarnya kemarin malam kami sempat janjian untuk bertemu di Changi Airport pukul tujuh pagi karena pesawat Vina berangkat pukul sembilan, dua jam lebih awal daripada jadwal keberangkatan pesawat kami. Namun melihat hari masih gelap (Vickie juga masih pulas tertidur), saya pun kembali tidur hahaha. Saya terbangun lagi pukul tujuh. Kali ini langit sudah cukup terang. Saya keluar dari kamar, mandi, lalu menata kembali barang-barang saya. Saya juga mengirimkan pesan kepada Vina bahwa kami sepertinya tidak bisa ke bandara jam tujuh.

Sekitar pukul delapan pagi, saya membangunkan Vickie. Dia tampak pulas sekali tertidur. Waktu bangun pun, dia sempat kaget karena ternyata sudah pukul delapan pagi. Setelah saya bilang Vina sudah berangkat duluan, dia pun bersiap untuk mandi. Sebelum berangkat ke bandara, kami menyempatkan diri sarapan di hostel. Dengan menu roti dan selai, kami rasa sudah cukup untuk mengisi perut kami di pagi hari. Akhirnya setelah persiapan kami beres (termasuk mengisi formulir check out dan menerima kembali uang jaminan SGD 15 per orang yang kami serahkan di awal), kami pun pamit dan berangkat ke bandara. Dengan naik MRT dari stasiun MRT Chinatown kami menuju ke Changi Airport. Oh iya, di stasiun MRT Chinatown ini sekali lagi kami menjadi sampel random checking (jadi penasaran..apa tampang kami ini mencurigakan ya? Hehehe). Pada waktu mengecek barang kami, si petugas sempat bertanya kami berasal darimana. Ketika kami jawab bahwa kami berasal dari Indonesia, petugas tadi bertanya lagi tentang kurs SGD terhadap mata uang di Indonesia. Pada waktu saya menjawab bahwa kursnya 1 SGD sekitar IDR 9500, petugas tadi sempat terkejut lho! Hahaha..mungkin nggak nyangka juga kalau kursnya akan setinggi itu ya :). Setelah pengecekan singkat itu, kami pun dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Untunglah saldo di kartu EZ link card kami masih cukup untuk mengantar kami sampai ke Changi (sepertinya ada minimum saldo pada kartu ini untuk bisa digunakan, kalau tidak salah sekitar SGD 3). Bisa dibilang untuk EZ link card ini jumlah top up yang kami lakukan di awal cukup pas untuk mengantar kami berkeliling Singapura selama tiga hari :).

Sesampainya di bandara, kami pun mencari terminal keberangkatan dengan JetstarAirways dengan tujuan Surabaya, Indonesia. Tidak sulit untuk bisa menemukan terminal keberangkatan ini. berbeda dengan terminal kedatangan dimana kami sempat bingun, untuk terminal keberangkatan ini relatif mudah kok. Dari Terminal 2 kami naik monorail menuju Terminal 1. Oh iya, saya sempat membuang dulu air minum yang saya bawa (lupa sih kalau nggak boleh bawa cairan lebih dari 100 ml ke kabin pesawat).

boarding pas jetstar SIN-SBY

Boarding Pass Jetstar Airways SIN-SUB

20140807_211217  20140807_211259

Passport terisi juga akhirnya 🙂

Setelah menunjukkan tiket kepada petugas, kami pun berjalan menuju bagian keimigrasian. Setelah mengantre untuk pengurusan imigrasi (saya sempat salah memilih antrean yang panjang, jadi Vickie yang sudah selesai lebih dulu harus menunggu dulu sampai saya selesai mengantre hehehe).

Selesai mengurus imigrasi, Vickie menunjukkan mesin photo box yang ada di dekat bagian keimigrasian itu. Ternyata ada ya yang beginian di bandara hahaha. Di photobox itu kita bisa memilih latar belakang lalu memposisikan diri kita untuk mengambil foto, dan hasil jepretan foto itu juga bisa dikirimkan ke email kita! Wah..menarik juga ya hehehe. Kami sempat berfoto di mesin photo box Changi Airport ini dan mengirimkannya ke email kami sebelum meneruskan perjalanan ke ruang tunggu keberangkatan.

e_photo-3 e_photo-2 e_photo

Hasil Jepretan Photobox di Changi Airport

Dari bagian imigrasi ke ruang tunggu ternyata kami harus berjalan lumayan jauh. Untunglah ada ‘papan berjalan’ (setelah pulang dan searching di internet saya baru tau namanya “travellator”, bentuknya mirip eskalator tapi datar—ini ada juga kok di bandara internasional di Indonesia) yang membantu kami mencapai ruang tunggu lebih cepat. Kebetulan ruang tunggu keberangkatan Jetstar ini ternyata berada paling ujung :). Akhirnya setelah pemeriksaan tiket, kami pun tinggal menunggu keberangkatan pesawat kami. Tidak butuh waktu lama sampai akhirnya pesawat kami siap. Para penumpang pun bergegas mengantre masuk ke dalam pesawat. Setelah masuk ke pesawat, eh lagi-lagi kami mendapat tempat duduk di dekat sayap pesawat hahaha. Saya pun menikmati perjalanan Singapore-Surabaya ini dengan beristirahat. Seperti halnya penerbangan Surabaya-Singapura, penerbangan balik ini pun kisaran waktunya sekitar dua jam. Lumayan lah untuk memejamkan mata sebentar.

Akhirnya tak terasa pesawat kami pun bersiap untuk landing. Syukur kepada Tuhan, kami pun tiba di Surabaya dengan selamat. Setelah turun dari pesawat, kami menuju bagian imigrasi dan pengecekan barang. Saya hampir saja salah masuk counter keimigrasian. Kalau di Singapura, counter khusus untuk pemegang paspor Singapura lebih pendek antreannya daripada counter untuk paspor lain. Sebaliknya, di bandara Juanda ini, counter untuk pemegang paspor Indonesia justru lebih panjang antreannya daripada counter untuk paspor lain. Ini bisa menjadi salah satu parameter yang menunjukkan bahwa ada begitu banyak turis yang datang ke Singapura, sementara di Indonesia, justru orang Indonesia ini banyak yang jadi turis ke negara lain (contohnya ya Singapura tadi hehehe).

Welcome back to Indonesia!

Setelah selesai mengurus imigrasi, saya dan Vickie pun berjalan menuju pintu keluar. Kami pun naik bus Damri dari bandara yang akan mengantar kami ke jalan raya dekat rumah Vickie. Tarif bus bandara ini IDR 20000 per orang. Cukup mahal juga ya, kalau dibandingkan bus kota biasa yang paling mahal tarifnya IDR 5000 :). Setelah menunggu cukup lama, akhirnya bus pun berangkat. Sebenarnya bus ini bisa mengantar sampai ke Terminal Bungurasih, tetapi saya dan Vickie tidak turun di sana. Kami turun di pinggir Jalan Jend. S. Parman, jalan dimana seminggu yang lalu kami naik angkutan kota untuk menuju ke Stasiun Gubeng. Di situ, Vickie meminta saya menunggu untuk dijemput, sementara dia pulang duluan mengambil sepeda motor sambil membawa barang-barang bawaan kami.

Sekitar lima belas menit kemudian Vickie pun datang. Kami pun makan siang sebelum kembali ke rumah Vickie. Akhirnya bisa merasakan kembali makan di warteg dengan harga murah dan rasa enak :). Setelah itu kami kembali ke rumah Vickie. Di situ kami membagi oleh-oleh yang kami beli di Malaysia dan Singapura sebelumnya. Setelah itu, kami sempat beristirahat karena sore itu juga kami berencana kembali ke Tuban. Saya pun tidur siang selama kurang lebih satu jam, sebelum akhirnya dibangunkan untuk persiapan kembali ke Tuban.

Karena barang-barang saya cukup banyak, akhirnya saya sempat memakai pakaian dobel untuk menghemat tempat di tas saya :). Kami pun kembali ke Tuban dengan naik sepeda motor. Nah, dalam perjalanan pulang ini sempat ada insiden yang menyebabkan tuas rem belakang sepeda motor Vickie patah! Namun syukurlah, puji Tuhan, kami bisa sampai di Tuban dengan selamat. Kami berangkat sekitar pukul setengah empat sore dan tiba di Tuban sekitar pukul tujuh malam. Setelah itu kami pun beristirahat di tempat masing-masing. Saya sempat memisahkan pakaian kotor dengan pakaian bersih, juga barang-barang lain yang saya bawa dari Singapura. Nah, karena besok pagi saya masih mengambil cuti sehari, saya pun bisa memanfaatkan waktu itu untuk beristirahat dan merapikan barang-barang saya.

To be continued ~ Closing Statement, Itinerary, and Actual Budget

One thought on “Trip to Singapore-Malaysia (Day 5~Last Day, Going Home)

1. Pingback: Trip to Singapore-Malaysia (Day 4 ~Universal Studio Part 2 and Sentosa Island) | Makjoel's Blog