Trip to Singapore-Malaysia ~ Closing Statement, Itinerary, and Budget

Finally, perjalanan dan petualangan kami di Singapura dan Malaysia selama kurang lebih empat hari pun berakhir. Banyak pengalaman yang saya rasakan dan banyak peristiwa yang terjadi. Berbagai emosi dan perasaan pun sempat saya alami, dan saya yakin teman-teman saya pun mengalaminya. Dalam setiap perjalanan, apapun itu, termasuk perjalanan hidup kita, akan ada banyak hal yang kita rasakan dan kita alami. Dari situlah kita akan belajar dan berkembang. Sekalipun tujuan kami pergi ke Singapura dan Malaysia adalah untuk berwisata, saya percaya serangkaian perjalanan yang kami alami tidak hanya menggenapi tujuan kami itu. Lebih dari itu, ada banyak hal yang baik secara sadar maupun tidak, akan mempengaruhi kehidupan kami selanjutnya. Saya sangat bersyukur karena Tuhan mengizinkan saya menikmati setiap detik perjalanan saya, terlebih karena selama perjalanan kami, perlindungan Tuhan selalu menyertai kami. Begitu banyak kebaikan yang saya—dan kami—alami. Special thanks to Vickie yang sudah take care saya dengan sabar selama perjalanan ini (I’m sorry for any inconvenience due to my frequent changing mood and attitude ya hehehe), termasuk juga menyusun itinerary yang awesome! Juga untuk Revina&Ricko yang mengompori saya untuk melangkahkan kaki ke luar negeri. Thanks untuk semuanya karena telah menemani saya dalam perjalanan yang luar biasa dan tak terlupakan ini!

Saya percaya bahwa segala yang terjadi dalam hidup saya, apabila Tuhan memang berkenan hal itu terjadi, maka itulah yang akan terjadi. Ada makna di balik setiap peristiwa. Saat ini, pemaknaan akan perjalanan yang telah saya lakukan pun mungkin baru sebatas sukacita akan wisata yang saya lakukan. Namun di kemudian hari, mungkin saya akan menyadari makna yang lebih mendalam dari suatu kejadian atau pengalaman yang saya rasakan selama perjalanan saya. Karena itulah, saya berusaha membuat tulisan ini, rangkaian perjalanan dan pengalaman ini selengkap mungkin, agar kelak, ketika suatu saat saya membacanya, bisa jadi saya akan diingatkan akan kebaikan Tuhan yang boleh saya alami selama perjalanan ini.

Nah, sebagai penutup, satu hal yang berharga dan membekas dalam benak saya adalah penyadaran akan betapa luasnya dunia ini. Betapa banyak tempat di dunia ini yang diciptakanNya untuk kita dan betapa luasnya kesempatan kita untuk menjelajah bumi. Kita harus menghargai dan mencintai tanah kelahiran kita, bangsa dan negara kita. Namun, dengan melihat keluar, belajar dari apa yang ada di luar bangsa kita, menyerap nilai-nilai positifnya dan mencoba menerapkannya untuk perkembangan bangsa yang lebih baik, adalah sesuatu yang luar biasa, bukan? Seperti saya sebutkan tadi, ada begitu banyak hal yang bisa kita pelajari—dan akan semakin banyak—dengan semakin jauh langkah yang kita ambil. Bahkan, terkadang kita memang perlu mengambil jarak supaya kita memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap apa yang selama ini ada di dekat kita, atau terhadap tempat dimana kita tinggal.

Ambillah satu langkah keluar, berjalanlah, dan berpetualanglah. Lihatlah apa yang ada di luar sana, sadarilah bahwa rahmatNya ada untuk semua bangsa. Belajarlah dari setiap perjalanan dan pengalaman kita. Akhirnya, ketika merasa langkah kita telah terlalu jauh dan kerinduan untuk kembali itu datang, ingatlah bahwa pintu untuk pulang selalu terbuka. Sejauh apapun perjalanan kita, suatu saat kita pasti tetap akan kembali ke rumah kita. Semoga semakin banyak kesempatan dan tempat-tempat di luar sana yang bisa saya kunjungi sepanjang sisa hidup saya, dan semoga setiap perjalanan yang saya lakukan dapat memberikan manfaat lebih daripada yang saya kira.Semoga setiap perjalanan yang kita lakukan dapat membawa kebaikan ketika kita pulang nanti.

Selamat berpetualang! Salam backpacker 🙂

***

Nah…berikut ini itinerary yang sudah disusun Vickie selama kami travelling Singapore-Malaysia. Memang ada beberapa perubahan aktualnya, tapi overall, hampir semua tempat bisa kami kunjungi sesuai itinerary, kok (kecuali yang di Malaysia karena kesalahan teknis..hehehe). Saya juga menampilkan budget kami selama perjalanan. Semoga sharing ini bisa bermanfaat untuk semua yang membaca tulisan ini ya 🙂

 

ITINERARY TOUR DE SINGAPORE

12~16 JULY 2014

Saturday 12 July 2014 (Day-1)

07:25 – 10:40

Perjalanan menggunakan pesawat from Indonesia to Singapore (landing at Changi International Airport, Singapura) Sampai di Changi langsung cari orang jual Ez Link Card, ditopup sekalian $20. Pergi ke Terminal 2  naik sky train. Ambil brosur wisata sebanyaknya, dan periksa terminal keberangkatan buat persiapan pulang biar tidak bingung nantinya.Cari petunjuk “Train to City” dan confirm tiket USS atau foto-foto dulu 🙂

11:00 – 11:30

Perjalanan dari Changi Airport ke Paya Lebar

  • Changi – Tanah merah – Kembangan – Paya Lebar (East West line MRT)

11:30 – 12:30

Lunch at Geylang Serai Market food court

Beberapa gerai yang menjadi andalan antara lain, Geylang Nasi Briyani, Hajjah Mona Nasi Padang, Cendol Geylang Serai, Rojak & Mee Siam, dan Otak-otak Kampong. Rojak India di Geylang Serai merupakan salah satu makanan yang menjadi favorit pengunjung. Rojak India berisi beberapa potong gorengan dari telur atau sayuran,dilengkapi dengan ketimun, bawang merah, dan cabai yang disiram dengan kuah asam manis pedas. Harga makanan dimulai dari 70 sen Singapura untuk cemilan seperti kue basah atau gorengan, S$ 2 untuk makanan utama dan 30 sen untuk pilihan minuman.Selain pusat jajanan di lantai 2, di lantai 1 juga terdapat food court kecil bernama “Enak-Enak”.Sekitar 8 gerai menjajakan berbagai makanan mulai dari masakan Asia sampai Eropa.Berbeda dengan pusat jajanan di lantai 2 yang terbuka dengan langit-langit yang tinggi, ‘Enak-Enak’ berada dalam ruangan tertutup dengan pendingin udara.Makanan yang dijual di ‘Enak-Enak’ umumnya halal.

12:30 – 13:00

Perjalanan dari Paya Lebar ke Singapore Botanic Garden

  • Paya Lebar – Serangoon – Bishan – MaryMount – Botanic Gardens (Circle line MRT)

13:00 – 15:30

Explore Singapore Botanic Garden + National Orchid park

15:30 – 15:45

Perjalanan dariSingapore Botanic Garden ke Holland Village

  • Botanic Garden – Farrer Road – Holland Village (Circle line MRT)

15:45 – 17:00

Explore Holland Village

Banyak area atau tempat yang bisa anda kunjungi di Holland Village ini.Mulai dari Holland Road Shopping Centre yang bisa anda kunjungi untuk berbelanja barang-barang kebutuhan hingga Chip Bee Garden yang menyediakan belasan hingga puluhan restoran kuliner dari berbagai macam masakan khas negara-negara asing.Anda bisa menemukannya di Holland Village ini.Salah satu tempat atau area yang bisa anda kunjungi adalah Lorong Mambong. Di sini anda akan menemukan nuansa kota-kota Eropa yang bergaya bohemian. Anda seolah-olah di buat sedang berada di salah satu sudut kota Amsterdam atau Eindhoven atau juga Rotterdam. Jika selama ini anda hanya bisa melihat suasana tersebut di film, kali ini anda bisa merasakan sendiri nuansa dan suasana tersebut. Di Lorong Mambong yang terdapat di Holland Village ini, anda bisa menemukan berbagai macam outlet-outlet kuliner yang cukup banyak aneka pilihan, disini kita wisata foto-foto saja

17:00 – 17:20

Perjalanan dari Holland Village ke Chinese and Japan Garden

  • Holland Village – Buona Vista (Circle line MRT)
  • Buona Vista – Jurong East – Chinese Garden (East West line MRT)

17:20 – 20:00

Explore Chinese and Japan Garden

Disini kita bisa liat Pagoda tujuh tingkat, 8 patung Pahlawan Legenda Cina, ada juga Twin Pagoda, masing-masing 3 tingkat. Ada juga taman bonsai, taman patung Zodiak Cina, museum kura-kura.

20:00 – 21:00

Explore Pasar Malam di Jurong East (dekat MRT) / Explore Jurong east mall (dekat MRT)

Beragam barang ditawarkan disana (pasar malam Jurong East). Mulai dari pakaian (pakaian pesta, pakaian casual, pakaian anak-anak, pakaian dalam), tas tangan wanita, mainan anak-anak, cover handphone, selimut, segala macam peralatan rumahtangga, hingga perlengkapan rumah (tempat tidur kayu, almari, meja dll). Ya, semuanya ada disini, di pasar malam + Dinner.

21:00 – 21:20

Perjalanan dari Jurong East ke Marsiling

  • Jurong East – Choa Chu Kang – Kranji – Marsiling (North South line MRT)
  • 21:20 – 22:30

Perjalanan dari Marsiling ke Johor Bahru Sentral Station (JB)

  • Marsiling – Woodlands Check point – Singapore immigration – Malaysia immigration – JB Sentral station à by bus 950

Dari stasiun MRT Marsiling anda dapat menggunakan bus kode 950 bus ini akan membawa kita menuju imigrasi singapore dan Johor Bahru dengan free of charge alias gratis. Berhenti di imgrasi singapore, langsung saja bergerak cepat menuju bagian imigrasi dan jangan sampai meninggalkan barang bawaan di bus, karena setelah proses imigrasi di singapore selesai, maka proses selanjutnya adalah mengantri untuk naik bus 950 lagi menuju imigrasi Johor Bahru. Nah Bus yang akan dinaiki ini bebas tidak harus sama dengan yang membawa kita pertama tetapi bergantung kejelian anda memilih antrian yang tercepat, pokoknya sistemnya siapa cepat dia dapat. Itu juga berlaku saat sampai di Imigrasi Johor Bahru, semakin cepat anda bergerak semakin cepat pula mendapat antrian strategis untuk proses imigrasi.

Bis ini berhenti sementara di perbatasan Singapore. Lalu turun dari bis dan naik eskalator untuk ke bagian loket imigrasi, jangan lupa siapkan paspor. Setelah beres semua , perjalanan turun lagi menggunakan eskalator lalu naik bis yang sama. Dan melanjutkan perjalanan menuju Johor Bahru Sentral. Bis ini juga akan berhenti kembali di perbatasan Malaysia, tepatnya di Johor Bahru. Di perbatasan Malaysia turun lagi dari bis. Waktu perjalanan menggunakan bis ini sangat singkat, hanya sekitar 20 menit dari pertama naik tadi. Lalu masuk ke dalam imigrasi Malaysia untuk dicap masuk wilayah Malaysia.Letak stasiun Johor Baru Sentral sangat dekat dengan imigrasi Malaysia.Hanya berjalan kurang lebih 5 menit dari loket imigrasi tadi.

Satu catatan tambahan, ketika anda sampai di gedung imigrasi baik singapore maupun Johor Bahru sebaiknya simpan dulu kamera anda karena area ini terlarang untuk mengambil foto-foto. JB sentral station persis berada disebelah gedung Imigrasi Johor Bahru, tinggal mengikuti petunjuk papan yang ada disana.

22:30 – 23:30

Konfirmasi tiket kereta “Senandung Sutera” dan memastikan kita memilih coach tipe ADNS “tempat tidur berjamaah”, dimana dalam satu coach tipe ini berisi sekitar 40 puluh tempat tidur dengan susunan atas bawah dengan fasilitas AC, tempat tidur, satu bantal dan satu selimut tipis, menunggu jam keberangkatan sambil santai, nyemil dan foto-foto 🙂

23:30 – 07:00

Perjalanan over night train by Senandung Sutera Train dari JB Sentral station ke KL Sentral station.

 

Sunday 13 July 2014 (Day-2)

07:00 – 07:30

Sampai di stasiun Kuala Lumpur (KL Sentral)

Sampai di Kuala Lumpur Sentral (KL Sentral).santai sejenak juga beristirahat dan memanfaatkan waktu untuk sekedar bersih-bersih dan cuci muka, ada Wi-fi gratis juga di stasiun ini + foto-foto J + cari info wisata dan brosur

07:30 – 09:30

Perjalanan ke Hostel (Changkat Bukit Bintang) + Breakfast di Alor

  • KL Central menuju bukit bintang dengan Monorail. Lokasi Monorail ini memang tidak di dalam KL Central, melainkan berada kurang lebih 200 meter menyebrang jalan dari KL Central.

KL Sentral – Tun Sambanthan – Maharajalela – Hang Tuah – Imbi – Bukit Bintang

Dari LRT Bukit Bintang kita turun dan jalan kaki ke arah jalan Changkat Bukit Bintang dan arah Jalan Alor untuk cari sarapan di jalan Alor, ada jual banyak makanan khas Melayu.Di pojokan jalan yang selalu ramai ini ada nasi lemak dengan lauk pauknya yang cocok di lidah orang Indonesia.Ada ayam rendang, telor balado, dan sambal tentunya.Harganya terhitung murah juga.Biasa satu porsi sekitar 5–7 RinggitMalaysia atau setara IDR 18.000 ~ 20.000.

Check in Hostel/Titip Barang

Perjalanan menuju hostel untuk titip barang/check in (conditional) di Serenity Hostel di 20 Changkat Bukit Bintang 50200, Kuala Lumpur Malaysia (Persiapan ke Gereja)

09:30 – 11:30

Melakukan Ibadah di gereja Kuala Lumpur Baptist Church KLBC (English)à di daerah Changkat Bukit Bintang juga, dari Serenity Hostel dekat dengan berjalan kaki saja.

11:30 – 12:30

Check in at Serenity Hostel + istirahat + Explore sekitaran hostel ada banyak mall dan sudut-sudut kotanya cocok untuk spot foto-foto 🙂 dan makan siang di daerah Loong Kee dekat Changkat.

12:30 – 13:30

Perjalanan dari Bukit Bintang ke Batu Caves

  • Monorail Bukit Bintang – Raja Chulan – Chow Kit – Titiwangsa (karena ini stasiun paling pojok pastikan keluar dari pintu sebelah KIRI, karena ini arah ke Terminal Bis)
  • Jalan lagi ke jalan raya besar sekitar 5 menit. Tunggu bis yang menuju ke Batu Caves (ada 2 bus)

Rapid KL no. U6

Metrobus no. 11

Lama perjalanan 40-45 menitan. Jangan lupa bilang ke supir bis tujuan ke Batu Caves

13:30 – 15:00

Explore Batu Caves

Patung Murugan setinggi 42.7 meter yang merupakan patung dewa Hindu tertinggi didunia, naik tangga sebanyak 272 anak tangga.

15:00 – 15:45

Perjalanan dari Batu Caves ke KLCC

Balik dari Batu Caves, nunggu bis lagi, bis yang sama dengan rute berangkat, menggunakan Rapid KL atau MetroBus ke arah Chow Kit. Nah abis itu naik Monorail lagi dari Stasiun monorail Chow Kit ke Bukit Nanas, turun disini lanjut jalan kaki ke KLCC menyusuri jalan Ampang.

15:45 – 18:15

Explore Menara Petronas + Suria KLCC (mall) + Petrosains & Petrosains Speed + Eye on Malaysia

  • Menara Petronas + mall Suria KLCC

Menara ini terdapat di Kuala Lumpur City Center.Kita boleh naik sampai ke jembatan penghubung di antara dua gedung ini yaitu di lantai 42.Namun untuk itu kita harus memiliki tiket yang diberikan gratis, namun kita harus antre.Loket ini terletak di basement hanya tiket untuk 1600 orang per hari.Satu orang dapat mengantri tiket untuk maksimal 5 orang. Setelah mendapat tiket maka akan diketahui jam berapa kita boleh naik, dan kita bisa jalan-jalan dulu, lalu 15 menit sebelumnya siap-siap menunggu di lokasi. Jangan sampai terlambat, karena kalau terlambat, maka tiket tersebut akan hangus.

  • Petrosains & Petrosains Speed

Terletak di lantai 4 di mall Suria KLCC, petrosains adalah tempat dimana kita dapat mempelajari sains dengan menarik. Banyak alat-alat yang dapat kita coba untuk mempraktikkan sains secara langsung.Kira-kita setara dengan Singapore Science Center di Singapura.Ada 2 pilihan yaitu Petrosains dan Petrosains Speed. Petrosains speed lebih kecil dibandingkan petrosains. Untuk bermain di petrosains membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Harga tiket masuk untuk petrosains speed adalah RM 5 untuk dewasa dan RM 3 untuk anak-anak. Sedangkan untuk petrosains adalah RM 12 untuk dewasa dan RM 4 untuk anak-anak

  • Eye on Malaysia

Eye on Malaysia ini adalah kincir raksasa yang terletak di samping danau Titiwangsa. Dari dalam kapsul yang ada sebanyak 42 buah itu kita dapat melihat pemandangan kota Kuala Lumpur dari ketinggian. Harga tiketnya RM 15 untuk dewasa dan RM 8 untuk anak-anak. Kita berputar selama kurang lebih 5 kali putaran dan pada malam hari ada pertunjukkan laser

  • Explore KLCC Park belakangnya Petronas Twin Tower

18:15 – 18:30

Perjalanan dari KLCC ke Petaling Street (China Town) by LRT

  • KLCC – KG Baru – Dang Wangi – Masjid Jamek – Pasar Seni – Walking to Petaling Street

18:30 – 20:00

Explore Petaling street (Chinatown) + central market (pasar rakyat)

Central Market, pusat oleh-oleh yang berbau Malaysia.Jalan-jalan dan foto-foto 🙂

20:00 – 21:30

Perjalanan ke Bukit Bintang + Explore bukit bintang + Dinner at Alor street (Pecinan)

  • Petaling Street jalan kaki ke LRT Plaza Rakyat – LRT Hang Tuah
  • MRT Hang Tuah – MRT Imbi – MRT Bukit Bintang

Wisata malam dan kuliner malam mengunjungi salah satu Chinatown di Kuala Lumpur yang bertepatan di Alor.Setelah sampai di Bukit Bintang, langsung menuju Chinatown (berjalan sekitar 10menit dari stasiun Monorail Bukit Bintang menuju Jl.Alor) untuk cari makan malam malam dan cemilan kecil.Setelah puas makan malam, bisa berjalan-jalan di daerah Bukit Bintang. Disana ada beberapa mall-mall besar dan foto-foto :).

21:30 – 22:30

Packing dan persiapan check out hostel

22:30 – 23:59

Menuju Terminal Bersepadu Selatan, Kauter 59

  • Monorail Bukit Bintang – Imbi – Hang Tuah
  • LRT Hang Tuah – Pudu – Chan Show Lin – Cheras – Salak Selatan – Tun Rajak – Tasik Selatan
  • Dari Bandar Tasik Selatan jalan kaki ke Terminal Bersepadu Selatan naik Bus ke Singapore, woodlands checkpoint (Causeway Link Express, City Express, Eltabina, Sri Maju Group)

23:59 – 06:00

Perjalanan dari KL ke Singapore

 

Monday 14 July 2014 (Day-3)

06:00 – 07:00

Perjalanan dari Woodlands to Clarke Quay – Chinatown

  • Woodlands – Ang Mo Kio – Bishan – Dhobby Ghaut (North South line MRT)
  • Dhobby Ghaut – Clarke Quay – China Town (North East line MRT)

07:00 – 08:00

Nitip barang di Beary nice hostel + cuci muka atau mandi (belum bisa check in)

08:00 – 09:30

Explore Singapore National Museum

  • China town – Clarke Quay – Dhobby Ghaut (North East line MRT)

09:30 – 11:00

Explore Singapore Art Museum

  • By walking from Singapore National Museum (± 300 m)

11:00 – 13:00

Check in hostel + bersih-bersih badan (mandi) + istirahat

  • Dhobby Ghaut – Clarke Quay – China town (North East line MRT)

13:00 – 15:00

Lunch at Orchard road + cari uncle ice cream Singapore + Explore Orchad

  • Walk to Eu Tong Sen Street (People Park Complex) ± 155 m – Take Bus 143 (B05013) – Orchard Station (B09023) – Walk to Lucky Plaza ± 165 m

Kunjungan ke Orchard Road yang terkenal. Jalan-jalan dan makan di sekitar Orchard, Untuk makan murah di kawasan Orchard Road, bisa datang ke food court dekat Lucky Plaza

15:00 – 18:00

Explore City Hall

  • Orchard MRT – Dhoby Ghaut – Rafless Place MRT (North South line MRT)

Foto-foto di Merlion park, disini terdapat patung Sir Stamford Raffles, Asian Civilisations Museum, Empress Place, Parliament House, Fullerton Hotel dan Supreme Court. Jangan lupa mampir di Cavenagh Bridge dan Anderson Bridge, Foto dengan latar belakang patung Merlion lalu Marina Bay Sands Hotel lalu Esplanade. Lokasinya ada di Merlion Park, nggak jauh dari Esplanade, tepat di depan One Fullerton. Dari tempat ini juga bisa melihat Esplanade – gedung yang mirip durian, Singapore Flyer alias bianglala besar yang bisa membawa pengunjung melihat Singapura dari ketinggian, Helix Bridge yang kalo malam lampunya nyala warna-warni. Menikmati sore di Gardens by the Bay, naik OCBC Skyway Marina Bay Sands Mall, jalan kaki dari Gardens by the Bay

18:00 – 20:30

Explore Bugis + Dinner + shopping 🙂

  • Raffles MRT – City Hall – Bugis (East West line MRT)

Cari makan malam di food centre besar di situ, yaitu Albert Centre. Di Albert Centre ini makanannya murah-murah, sekitar $3-$6 per porsi. Di Albert Centre ini jenis makanannya banyak, dari Chinese food sampai makanan India, bahkan makanan Indonesia juga ada, sekalian explore Bugis untuk jalan2 dan foto2 :), jalan-jalan ke Masjid Sultan, Bugis Street dan Bugis Junction (diseberangnya), Kampong Glam, Kampong Arab, menjelang buka puasa sangat ramai di daerah sini, penuh dengan masyarakat Melayu, Arab. Explore Muscat Street, Bussorah street, Arab street, North Bridge Road.

20:30 – 22:30

Explore Orchad Road malam

  • Take Bus no.7 (B01039) to Orchard MRT

Explore Lucky Plaza, Paragon, Somerset, Takashimaya, Wisma Atria, dan ION Orchad untuk ber-hedon riaJ

22:30 – 23:00

Perjalanan dari Orchard ke Beary Nice Hostel

  • Orchard MRT take Bus no.143 (B09047) to New Bridge Center Road (Beary Nice Hostel)

 

Tuesday 15 July 2014 (Day-4)

06:00 – 07:15

Bangun pagi dan sarapan di hostel

07:15 – 07:30

Perjalanan dari Beary nice hostel ke Little India

  • China Town – Dhoby Ghaut – Little India (North East Line MRT)

07:30 – 09:15

Explore Little India (Mustafa Center, Sri Veeramakaliamman Temple, Serangoon street, FooChow Methodist church, Anman Temple, Masjid Abdul Gafoor, Church of the true light, Tekka centre food court coba nasi Briyani di Allaudin, Sri Srivinasa Perumal Temple, Sri Vadapathira Kaliamman Temple)

09:15 – 09:40

Perjalanan menuju Harbour Front (Sentosa Island)

  • Little India – Dhoby Ghaut – China Town – Outram Park – HarbourFront (North East line MRT) à Vivo City mall 3rd floor

Naik monorail from vivocity mall to sentosa island berhenti di Resorts World (USS)

(ada 3 pemberhentian di Sentosa island : Resorts World, Imbiah dan Beach Station)

09:40 – 17:00

Explore Sentosa island + Universal Studio Singapore (USS)!! J

  • Sci-Fi
  • Transformers à plus meet and greet, starts at 11.30
  • Battlestar Galactica (Human&Cyclons)
  • Ancient Egypt
  • Revenge of the Mummy à plus meet and greet
  • The Lost World
  • Park Rapids Adv (bawa baju ganti!!) à plus meet and greet
  • Water World
  • Far Far Away
  • Shrek 4D Adv à plus meet and greet
  • Madagascar
  • A Crate Adv à boat ride
  • New York and Hollywood
  • Lights !Camera !Action !à plus meet and greet, cari dinner skalian
  • 17:00 – 18:30

Visit Siloso beach

Beach Station, kita bisa berpergian ke beberapa tempat di tepi pantai, seperti Siloso Beach, Palawan Beach dan Tanjong Beach. Atau ke arah Siloso Point.

18:30 – 20:00

Back to Vivo city and walk around + cuci mata 🙂 + foto-foto 🙂

20:00 – 22:00

Explore China town + Dinner menikmati makan malam di food street, Maxwell Road di Chinatown

22:00 – 22:15

Go home to hostel

 

Wednesday 16 July 2014 (Day-5)

06:30 – 07:30

Bangun pagi dan sarapan di hostel

07:30 – 08:30

Packing prepare to check out + free time + check out

08:30 – 09:30

Check out + perjalanan ke Changi Airport

  • China Town – Bugis (Down Town line MRT)
  • Bugis – Paya Lebar – Tanah Merah – Expo – Changi Airport (East West line MRT)

13:00 ~ Surabaya Indonesia wait me Home 🙂

Untuk budgetnya, ini total budget dua orang, jadi cost per orangnya tinggal dibagi dua saja…check it out:

Budget SIN-Malay

Download itinerary dan budget di sini ya:

ITINERARY TOUR DE SINGAPORE_NEW

Budget Trip SIN-Malay VIC-YMU

Advertisements

3 thoughts on “Trip to Singapore-Malaysia ~ Closing Statement, Itinerary, and Budget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s