Trip to Singapore-Malaysia (Preparation~Day 0)

Syalom! Setelah sempat merasakan liburan beberapa hari di negeri orang, kini saya ingin berbagi pengalaman dengan sahabat sekalian. Sebenarnya liburan ini sudah direncanakan jauh-jauh hari, kalau tidak salah bulan Januari 2014 saya sudah booking tiket pesawat dari Semarang ke Singapore lalu untuk perjalanan pulangnya saya pilih rute Singapore-Surabaya semuanya by maskapai Airasia. Awalnya kami berencana untuk berangkat bertiga (saya dan teman saya serta adiknya). Namun, karena ada salah satu teman saya dari Tuban yang ingin ikut juga, akhirnya kami jadi pergi berempat.

Sejak persiapan perjalanan ini sebenarnya ada saja hal yang di luar rencana. Misalnya tiket pesawat yang sudah dibooking jauh-jauh hari, ternyata diundur jadwal penerbangannya. Semula saya membeli tiket penerbangan Airasia rute Semarang-Singapore (dapat harga promo sekitar Rp 350000,00 waktu itu) agar bisa berangkat dengan teman saya (Vina) dan adiknya (Ricko) dari Semarang. Waktu itu Vickie yang mau ikut berangkat belakangan belum membeli tiket. Saya pun mendesaknya untuk segera membeli tiket karena takutnya kehabisan atau bahkan harganya nanti malah semakin mahal. Akhirnya Vickie membeli tiket Airasia rute Yogyakarta-Singapore untuk hari keberangkatan yang sama. Tak disangka dan tak diduga, beberapa hari setelah Vickie membeli tiket penerbangan dari Yogyakarta itu, jadwal penerbangan Airasia dari Semarang diundur sehari! Tentu saja saya jadi merasa tidak enak hati karena sayalah yang mendesak Vickie untuk cepat membeli tiket..eh ternyata malah penerbangan saya diundur sehari. Akhirnya saya putuskan untuk membatalkan penerbangan dari Semarang (karena reschedule penerbangan dari Airasia jadi tiket bisa direfund full dengan dipotong biaya administrasi) dan membeli tiket penerbangan dari Yogyakarta juga supaya bisa berangkat bersama Vickie tadi. Hal yang sama terjadi pula pada tiket pulang..karena penerbangannya direschedule sehari, saya akhirnya juga membeli tiket penerbangan lain dari Singapore melalui maskapai Jetstar rute Singapore-Surabaya.

Setelah urusan tiket pesawat beres, kami mulai menyusun jadwal rencana perjalanan (itinerary). Sebenarnya Vickie yang bikin sih, karena dia semangat sekali bikinnya saya Cuma komentar sedikit saja dari itinerary bikinan dia, toh itinerary itu sudah sangat bagus dan detail (kayaknya dia cocok juga deh buka usaha Travel Agent hehehe). Karena berangkat terpisah dengan Vina dari Semarang, kami merancang jadwal sehingga kami bisa bertemu di Singapore. Nah, karena waktu liburan saya lebih lama sehari daripada Vina, saya dan Vickie memutuskan untuk mampir ke Kuala Lumpur, Malaysia. Lumayan lah mampir sehari, jadi selama liburan nanti kami bisa berkunjung ke Malaysia dan Singapore. Kami pun membooking tiket hostel di Malaysia (meskipun kami tidak menginap di sana, hanya untuk istirahat sebentar, mandi dan menitipkan barang-barang), hostel di Singapore, tiket kereta api menuju Kuala Lumpur, dan tiket bus menuju Singapore. Untuk voucher hostel di Malaysia kami memesan lewat travelhemat.com, sedangkan voucher hostel di Singapore (Beary Nice Hostel) kami pesan lewat Agoda. Untuk tiket kereta api Johor Baru-Kuala Lumpur serta tiket bus ke Singapore kami pesan online melalui website masing-masing, yaitu http://www.ktmb.com.my/ untuk KA Johor Baru-KL serta http://www.easibook.com untuk pemesanan tiket bus KL-Singapore, dengan pembayaran menggunakan kartu kredit (pertama kalinya juga mencoba pembayaran dengan credit card, mana credit card-nya pinjam pula..hehehe)

Seminggu sebelum berangkat, kami mengajukan cuti kerja di kantor. Kebetulan karena sedang tidak banyak pekerjaan, kami diizinkan cuti meskipun sebenarnya cuti yang kami ajukan termasuk cukup lama (lima hari kerja). Kami juga mulai mempersiapkan boarding pass keberangkatan (untuk Airasia, boarding pass bisa diurus H-14 keberangkatan). Karena kami tidak memilih tempat duduk, waktu melakukan check in online lewat websiteAirasia, tempat duduk kami sudah dipilihkan. Puji Tuhan ternyata saya dan Vickie mendapat tempat duduk bersebelahan, meskipun dekat dengan sayap pesawat (mungkin itu risiko tiket promo ya..hehe).

Kami mulai packing dan mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa, termasuk memastikan barang-barang yang dilarang dibawa ke kabin karena kami tidak menggunakan fasilitas bagasi. Saya juga baru tahu kalau ternyata di kabin tidak boleh membawa cairan lebih dari 100 ml per botol dan maksimal hanya boleh membawa 10 botol cairan.

Kami mulai packing hari Rabu, 9 Juli 2014 (bersamaan dengan Pilpres Indonesia) hehehe. Setelah packing dan memastikan berat tas ransel kami tidak lebih dari 7 kg, kami pun siap untuk memulai perjalanan kami besok sore.

Thursday, 10 July 2014

Hari ini sebenarnya kami masih masuk kerja. Syukurlah karena ini bulan puasa, jam pulang kantor kami dimajukan satu jam. Lumayan juga karena sepulang kerja kami akan langsung berangkat ke Surabaya sebelum ke Yogyakarta besok paginya. Akhirnya hari Kamis sore itu kami membawa semua barang yang sudah kami siapkan dan berangkat ke Surabaya dari Tuban dengan mengendarai motor. Ternyata lumayan juga perjalanan dari Tuban ke Surabaya, apalagi jalan di dalam kota Surabaya sore hari agak padat. Kami sampai di rumah Vickie sekitar pk 19.00 WIB. Di sini kami disambut oleh kakak ipar Vickie yang sengaja dimintai tolong untuk menemani kami di rumah, karena sebenarnya rumah Vickie ini kosong karena orang tuanya berada di Yogyakarta. Setelah berbincang sebentar dengan kakak iparnya Vickie, kami pun beristirahat sebentar, mandi, kemudian makan malam. Setelah itu kami beristirahat untuk siap-siap berangkat ke Yogyakarta menggunakan kereta api besok pagi.

Day 0~Friday, 11 July 2014

This is my birthday!! Hahaha..kebetulan saja sebenarnya hari ini saya berulang tahun. Banyak juga ternyata yang ingat dan mengucapkan selamat ulang tahun kepada saya (senangnya  )

Pagi-pagi saya dan Vickie mencari sarapan walau banyak warung yang tutup karena ini masih masuk bulan puasa.Akhirnya kami sarapan nasi soto di dekat pasar di daerah dekat rumah Vickie itu. Setelah itu kami segera kembali ke rumah, mengambil barang-barang lalu naik angkutan kota menuju Stasiun Gubeng Surabaya.

Tiket KA Pasundan YMU
My First Train Ticket on my Birthday

Oh iya, ini juga pengalaman pertama saya naik kereta api lhoo…hehe makanya saya sangat excited. Saya sampai takut ketinggalan kereta dan Vickie harus berkali-kali meyakinkan saya bahwa kami tidak akan ketinggalan kereta. Memang waktu itu kereta yang akan kami naiki datang terlambat (saya takutnya jangan-jangan kami nggak sadar dan keretanya sudah berangkat tadi hehehe). Anyway, ternyata naik kereta api itu enak juga, dan seperti yang dikatakan Vickie, kalau merasa bosan kita bisa jalan-jalan di kereta, berbeda dengan di bus dimana kita harus duduk sepanjang perjalanan. Ruangan di dalam gerbong ini luas juga, jarak pandang juga lebih luas daripada di bus. Meski demikian, saya juga tidak jalan-jalan selama di kereta karena saya merasa ngantuk jadi saya putuskan untuk tidur di kereta api tersebut sembari menunggu sampai di Yogyakarta. Kereta yang kami naiki, KA Pasundan, berangkat sekitar pk 09.30 WIB dari Stasiun Gubeng, Surabaya dan sampai di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta sekitar pk 14.00 WIB. Dari stasiun Yogyakarta kami berjalan kaki ke rumah Vickie di Yogyakarta. Kebetulan rumahnya terletak tidak jauh dari stasiun. Setelah sampai di sana, kami diterima dengan ramah dan dijamu dengan makan siang dan snack yang lezat (many many thanks untuk keluarga Vickie ini!  ). Setelah mandi, sebenarnya kami berencana untuk pergi ke Marlioboro, tetapi apa daya hujan turun sejak sore. Akhirnya kami hanya beristirahat dan bersantai di rumah. Malam harinya saya diajak mencari minuman hangat (bahasa Jawanya ‘wedang’). Dengan berbekal payung kami pun berjalan menuju warung wedang tersebut, tapi eh ternyata warungnya tidak buka . Ya sudah lah, berarti kami memang harus istirahat di rumah hehehe. Akhirnya setelah bersyukur atas tahun-tahun kehidupan yang telah saya lewati selama dua puluh lima tahun ini, serta berdoa untuk kelancaran liburan kami, saya pun tidur dan bersiap untuk berangkat ke Singapore dari Bandara Adisutjipto keesokan harinya.

To be continued: Trip to Singapore-Malaysia (Day 1 ~ Changi Airport-Geylang Serai Market)

One thought on “Trip to Singapore-Malaysia (Preparation~Day 0)