Pena Untuk Menulis di Udara

Pena unik ini dikembangkan oleh tim gabungan dari universitas Tamagawa dan laboratorium elektroteknik kementerian perdangangan internasional dan industri Jepang (MITI). Tim tersebut saat ini sedang mencoba membuat komputer, yang memproses pesan yang ditulis di udara dengan pena tersebut.

Pena alias pulpen ini bisa digunakan untuk menulis atau menggambar di udara, tetapi untuk bisa melihat tulisan itu, harus menggunakan kaca mata khusus, yang merupakan sejenis monitor yang tembus pandang.

Bagaimana cara menggunakan pulpen ini? Mudah. Tulis saja apa yang Anda inginkan, misalnya pesan di udara dengan pulpen cordless itu, yang ukurannya kira-kira selebar telapak tangan kita. Misalnya Anda tulis, pertemuan jam 10, dan kemudian melihatnya dengan memakai kaca mata tersebut.

Pulpen ini “menulis” di atas sinyal sebuah komputer yang berada ruangan dimana Anda menggunakan pulpen itu. Sinyal itu kemudian akan menginformasikan komputer dimana posisi si pemakai dan pulpen itu dan arah gerakan pulpen tersebut. Informasi itu kemudian diproses oleh sebuah komputer kecil dan muncul di layar kaca mata.

Sistem ini akan dapat diterapkan di ruang-ruang rapat perkantoran atau bahkan di luar ruangan, di tempat-tempat pemasangan papan pengumuman. Misalnya tempat-tempat seperti taman-taman nasional, dimana kita tidak ingin merusak pemandangannya dengan banyak tanda-tanda. Dalam hal ini, sensor itu akan dilakukan dengan GPS atau Global Positioning System, yang menggunakan sinyal-sinyal dari sejumlah satelit, untuk menentukan posisi dengan rentang kesalahan hanya beberapa sentimeter.

Apakah tulisan-tulisan yang sudah tidak diperlukan bisa dihapus? Tentu saja bisa. Karena tulisan itu sebenarnya di simpan di dalam komputer, jadi bisa diedit, dihapus, ataupun dipindah-pindah tempatnya. Dan karena hanya mereka yang pakai kacamata khusus saja yang bisa saling bertukar informasi, maka pulpen ajaib ini masih perlu dikembangkan lebih lanjut. Tim pengembangnya mencoba menempatkan komputer itu sendiri di dalam pulpen tersebut, dan membuatnya seukuran telepon genggam. (mbs)
Original source: http://www.geocities.com/rohim94/interest/science.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s