Intan dari Asap Knalpot?

Katalisator model baru tampaknya tidak hanya membersihkan asap kendaraan saja, lebih dari itu ia memproduksi intan sebagai produk samping. Hal ini dimungkinkan dengan penemuan katalisator baru ala Australia yang bekerja dengan gelombang mikro (microwave).

Alat konversi emisi dengan microwave ini hanya berukuran sebesar botol minuman ukuran 2 liter. Gas buangan dari motor akan dipanaskan di dalamnya hingga sekitar 4700 C ( lebih panas dari 3 kali suhu cair baja). Pada suhu yang ekstrim tinggi ini molekul-molekul gas akan diputuskan sehingga terbentuk plasma ion-ion yang bebas.

Pada saat pendinginan terbentuk zat baru yang tidak berbahaya. Para peneliti menyatakan bahwa dengan metode ini, kandungan zat berbahaya yang di dalam emisi kendaraan berbahan bakar bensin maupun solar akan bisa diturunkan hingga hanya 30 % dari jumlah semula.

Dari zat buangan CO (karbonmonoksida), nantinya akan diolah menjadi intan yang diperlukan di dalam industri. Sebuah filter elektro-statik pada pipa knalpot akan memisahkan CO. Pada proses selanjutnya, partikel-partikel Karbon (C) akan dipanaskan kembali dan dicampur dengan gas. Campuran ini kemudian disemprotkan pada lempengan gelas, di mana di atasnya akan terbentuk kristal intan.
Original source: http://www.geocities.com/rohim94/interest/science.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s