Business plan: Gift Shop

1.Executive Summary
hUg adalah sebuah perusahaan yang menyediakan souvenir atau gift untuk berbagai macam acara (ulang tahun, perkawinan, dan lain-lain) baik secara eceran maupun grosir. Perusahaan ini juga menerima pesanan pembuatan sesuai dengan keinginan customer. Selain souvenir yang unik, hUg juga menyediakan berbagai macam kartu ucapan yang menarik. Perusahaan ini bertempat di Jalan Baterman Besar Nomor 38 Semarang Jawa Tengah dan counter di Citraland Mall, buka setiap hari Senin-Sabtu pk 09.00-17.00 dan hari Minggu pk 10.00-22.00. Pemesanan produk hUg juga dapat dilakukan melalui internet.
The Market
hUg membidik pasar semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena setiap usia memiliki selera yang berbeda untuk tujuan yang berbeda pula, hUg berusaha memberikan yang terbaik dengan menawarkan berbagai jenis produk yang sesuai dengan selera customer.

Competitive Edge
Selama ini kebanyakan toko souvenir menyediakan barang yang sudah jadi dan jika melayani pemesanan, desainnya pun sudah ada. hUg mencoba memberikan terobosan baru dengan menerima pemesanan sesuai dengan keinginan customer. Namun, hUg juga siap menyediakan berbagai contoh dan saran untuk menghasilkan souvenir dan gift yang sedapat mungkin bisa bermanfaat, bukan hanya sekedar sebagai hiasan.
Keramahan dan prinsip bahwa ”pembeli adalah raja” selalu diterapkan dan ditanamkan dalam diri setiap karyawan hUg, baik bagian produksi, quality control, maupun pemasaran sehingga customer selalu memperoleh kepuasan baik dari pelayanan maupun produk yang kami tawarkan. Diperkirakan keuntungan tahun 2015 mencapai Rp 180.000.000,00.
1.1 Mission
Memberikan produk yang terbaik, unik, dan bermanfaat. Dengan motto ”Unique and Useful for U” serta ”customer is the king”, hUg memiliki misi untuk memberikan pelayanan dan produk yang terbaik bagi customer.
1.2 Key to Success
a. Menawarkan produk berkualitas tinggi yang unik dan bermanfaat, yang sesuai dengan keinginan customer dan tidak bisa diperoleh di tempat lain.
b. Promosi dan iklan di tempat-tempat strategis serta melalui internet untuk memperluas pasar.
c. Review yang kontinyu terhadap produk dan penjualan serta pemantauan terhadap perkembangan pasar khususnya selera konsumen dan produk kompetitor.
1.3 Objectives
a. Mendirikan cabang di DP Mall dan Java Mall Semarang.
b. Membuka cabang di Jakarta.

2.Company Description
hUg adalah sebuah perusahaan yang menyediakan souvenir atau gift untuk berbagai macam acara (ulang tahun, perkawinan, dan lain-lain) baik secara eceran maupun grosir. Perusahaan ini juga menerima pesanan pembuatan sesuai dengan keinginan customer. Perusahaan ini bertempat di Jalan Baterman Besar Nomor 38 Semarang Jawa Tengah dan counter di Citraland Mall, buka setiap hari Senin-Sabtu pk 09.00-17.00 dan hari Minggu pk 10.00-22.00. Pemesanan produk hUg juga dapat dilakukan melalui internet.
2.1 Company Ownership
Perusahaan ini dimiliki oleh Yulia Murdianti.
2.2 Company History
Lokasi yang dipilih adalah Jalan Baterman Besar Nomor 38 Semarang yaitu di rumah pemilik bertujuan untuk mempermudah kontrol. Lokasi pertama ini berfungsi sebagai tempat produksi utama sekaligus tempat pemasaran. Lokasi kedua di Lantai 1 Citraland Mall Semarang dipilih karena merupakan tempat yang banyak dikunjungi masyarakat berbagai usia, terutama berfungsi sebagai tempat pemasaran.

3.Product
Produk yang dijual berupa souvenir dan gift serta kartu ucapan untuk ulang tahun, perkawinan, dan berbagai moment istimewa lainnya. Bentuk barang yang dijual berupa:
Tas (berbagai ukuran dan jenis)
Kotak pensil
Tempat tissue
Gantungan kunci
Gantungan hp
Tempat handphone
Tempat botol minum
Handuk mini
Saputangan
Boneka
Tempat roti dan makanan
Pensil dan alat tulis lain dengan hiasan unik
Diary
Sticker
Tempat CD
Mug
Magnet
Berbagai jenis permen dan roti kering yang dikemas menarik
Dan lain-lain sesuai pesanan dan permintaan customer.

4.Market Analysis
4.1 Market Segmentation
a. Pelajar SD-SMP, akan cenderung membutuhkan souvenir bertema cute seperti boneka atau tas mungil. Umumnya gift untuk acara ulang tahun.
b. Pelajar SMU-mahasiswa/mahasiswi, cenderung bersifat sweet, untuk beragam acara seperti acara ulang tahun, wisuda, perpisahan, valentine, dan lain-lain.
c. Orang dewasa, cenderung bersifat anggun dan elegan untuk acara seperti pernikahan, perayaan peringatan event tertentu, atau hadiah untuk keluarga.
4.2 Target Market Segment Strategy
Berlokasi di Citraland Mall yang selalu menjadi tempat kunjungan segala lapisan masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga keluarga. Dipilih lantai satu untuk mempermudah dan mempercepat customer yang tidak memiliki banyak waktu. Lokasi toko utama di rumah pemilik yang juga bertempat di pusat kota. Lokasi ini memang tidak terlalu ramai karena memang ditujukan terutama untuk tempat produksi. Namun, masyarakat yang tinggal di sekitar tempat tersebut juga berpotensi untuk menjadi customer.
4.3 Industry Analysis
Produk-produk hUg dibagi menjadi 3 kategori yaitu cute and childish untuk anak-anak, trendy and hip shops untuk kaum muda dan konservatif untuk orang dewasa. Hal ini jarang dijumpai di toko souvenir lain. Selain itu, kesediaan hUg untuk melayani pesanan barang sesuai keinginan customer dan menyediakan tepat waktu dengan kualitas yang sesuai keinginan customer juga merupakan kelebihan hUg.

5.Strategy and Implementation
5.1 Competitive Edge
Selama ini kebanyakan toko souvenir menyediakan barang yang sudah jadi dan jika melayani pemesanan, desainnya pun sudah ada. hUg mencoba memberikan terobosan baru dengan menerima pemesanan sesuai dengan keinginan customer. Namun, hUg juga siap menyediakan berbagai contoh dan saran untuk menghasilkan souvenir dan gift yang sedapat mungkin bisa bermanfaat, bukan hanya sekedar sebagai hiasan.
Keramahan dan prinsip bahwa ”pembeli adalah raja” selalu diterapkan dan ditanamkan dalam diri setiap karyawan hUg, baik bagian produksi, quality control, maupun pemasaran sehingga customer selalu memperoleh kepuasan baik dari pelayanan maupun produk yang kami tawarkan.
5.2 Marketing Strategy
Marketing strategy yang akan dilakukan hUg adalah dengan menggunakan berbagai format media sebagai media publikasi:
Print advertising: Harian Kompas akan menjadi media dimana hUg memasang iklan karena media ini merupakan harian nasional yang menjangkau berbagai kalangan.
Web advertising: hUg akan membuat video dan iklan untuk dipublikasikan melalui internet untuk menarik customer dari dalam maupun luar negeri.
5.3 Sales Strategy
Seluruh karyawan hUg akan ditraining dan ditanamkan prinsip “pembeli adalah raja” serta tak lupa moto hUg: “Unique and Useful for U”. Selain itu, training juga dilakukan agar dapat dihasilkan produk yang memenuhi spesifikasi yang diinginkan customer. Pemesanan juga dapat dilakukan via telpon dan e-mail. hUg juga melayani pesanan antar. Karena hUg menerima pesanan barang sesuai keinginan customer, hal ini merupakan salah satu kelebihan hUg yang jarang ditemui di toko lain.
hUg juga akan bekerja sama dengan Event Organizer untuk membantu penawaran jasa dan produk hUg.

6.Web Plan Summary
6.1 Website Marketing Strategy
Produk-produk hUg dapat dipesan melalui e-mail ke hUg_rhyme@yahoo.com atau dengan membuka website hUg yaitu http://www.hUg.blogspot.com. Melalui website ini, pengunjung dapat melihat contoh berbagai produk hUg dan dapat mengirimkan masukan yang bermanfaat untuk kemajuan hUg. Selain itu, situs ini memungkinkan customer dari luar negeri untuk dapat memesan produk-produk hUg.
6.2 Development Requirements
hUg akan senantiasa berusaha menampilkan website dan iklan internet yang terbaik dengan selalu memperbarui tampilan dan juga melampirkan informasi-informasi serta tips-tips yang bermanfaat khususnya dalam memilih hadiah dan souvenir.

7.Management Team
Yulia akan menjadi manager di toko utama. Tanggung jawabnya meliputi produksi, penjualan, pembelian, pengiklanan, pengembangan bisnis, perekrutan karyawan, training karyawan, dan teknologi komputer.
Desy akan menjadi manager di toko kedua. Tanggung jawabnya meliputi produksi, penjualan, pembelian, pengiklanan, pengembangan bisnis, perekrutan karyawan, dan training karyawan.
Toko pertama akan memiliki 2 karyawan, sedangkan toko kedua 1 karyawan. Tanggung jawabnya meliputi penjualan, display organizing, restocking, dan light cleaning.

2015
2016
Yulia
Rp 160.000.000,00
Rp 170.000.000,00
Desy
Rp 160.000.000,00
Rp 170.000.000,00
Karyawan 1
Rp 66.240.000,00
Rp 66.240.000,00
Karyawan 2
Rp 66.240.000,00
Rp 66.240.000,00
Karyawan 3
Rp 66.240.000,00
Rp 66.240.000,00
Total People
5
5
Total Payroll
Rp 518.720.000,00
Rp 538.720.000,00

8.Financial Analysis
8.1 Important Assumptions
General Assumptions

2015
2016
Plan Month

2
3
Current Interest Rate

10.00%
10.00%
Long-term Interest Rate

10.00%
10.00%
Tax Rate

30.00%
30.00%
Other

0
0
8.2 Break-even Analysis

Untuk mencapai BEP, setiap bulan harus diperoleh Rp 95.000.000,00

Break-even Analysis
Monthly Revenue Break-even
Rp 95.000.000
Assumptions:

Average Percent Variable Cost
35%
Estimated Monthly Fixed Cost
Rp 61.750.000
8.3 Projected Cash Flow
Pro Forma Cash Flow

2015
2016

Cash Received

Cash from Operations

Cash Sales

Rp 1.695.200.000
Rp 1.804.340.000

Subtotal Cash from Operations

Rp 1.695.200.000
Rp 1.804.340.000

Additional Cash Received

Sales Tax, VAT, HST/GST Received

Rp 0
Rp 0

New Current Borrowing

Rp 0
Rp 0

New Other Liabilities (interest-free)

Rp 0
Rp 0

New Long-term Liabilities

Rp 0
Rp 0

Sales of Other Current Assets

Rp 0
Rp 0

Sales of Long-term Assets

Rp 0
Rp 0

New Investment Received

Rp 0
Rp 0

Subtotal Cash Received

Rp 1.695.200.000
Rp 1.804.340.000

Expenditures

2015
2016

Expenditures from Operations

Cash Spending

Rp 518.720.000
Rp 538.720.000

Bill Payments

Rp 1.073.590.000
Rp 1.100.620.000

Subtotal Spent on Operations

Rp 1.592.310.000
Rp 1.639.340.000

Additional Cash Spent

Sales Tax, VAT, HST/GST Paid Out

Rp 0
Rp 0

Principal Repayment of Current Borrowing

Rp 0
Rp 0

Other Liabilities Principal Repayment

Rp 0
Rp 0

Long-term Liabilities Principal Repayment

Rp 31.800.000
Rp 31.800.000

Purchase Other Current Assets

Rp 0
Rp 0

Purchase Long-term Assets

Rp 0
Rp 0

Dividends

Rp 0
Rp 0

Subtotal Cash Spent

Rp 1.624.110.000
Rp 1.671.140.000

Net Cash Flow

Rp 71.090.000
Rp 133.200.000

Cash Balance

Rp 413.390.000
Rp 546.590.000

8.4 Projected Profit and Loss
Pro Forma Profit and Loss

2015
2016
Sales

Rp 1695.200.000
Rp 1804.340.000
Direct Cost of Sales

Rp 593.320.000
Rp 631.520.000
Other Production Expenses

Rp 0
Rp 0
Total Cost of Sales

Rp 593.320.000
Rp 631.520.000

Gross Margin

Rp 1101.880.000
Rp 1172.820.000
Gross Margin %

65,00%
65,00%

Expenses

Payroll

Rp 518.720.000
Rp 538.720.000
Sales and Marketing and Other Expenses

Rp 60.000.000
Rp 60.000.000
Depreciation

Rp 30.000.000
Rp 30.000.000
Leased Equipment

Rp 0
Rp 0
Utilities

Rp 42.000.000
Rp 42.000.000
Insurance

Rp 54.000.000
Rp 54.000.000
Rent

Rp 132.000.000
Rp 132.000.000
Payroll Taxes

Rp 77.810.000
Rp 80.810.000
Other

Rp 12.000.000
Rp 12.000.000

Total Operating Expenses

Rp 926.530.000
Rp 949.530.000

Profit Before Interest and Taxes

Rp 175.350.000
Rp 223.290.000
EBITDA

Rp 205.350.000
Rp 253.290.000
Interest Expense

Rp 30.950.000
Rp 27.770.000
Taxes Incurred

Rp 43.320.000
Rp 58.660.000

Net Profit

Rp 101.080.000
Rp 136.870.000
Net Profit/Sales

5.96%
7.59%
8.5 Projected Balance Sheet
Pro Forma Balance Sheet

2015
2016
Assets

Current Assets

Cash

Rp 413.390.000
Rp 546.590.000
Inventory

Rp 79.060.000
Rp 84.150.000
Other Current Assets

Rp 0
Rp 0
Total Current Assets

Rp 492.450.000
Rp 630.740.000

Long-term Assets

Long-term Assets

Rp 200.000.000
Rp 200.000.000
Accumulated Depreciation

Rp 85.020.000
Rp 115.020.000
Total Long-term Assets

Rp 114.980.000
Rp 84.980.000
Total Assets

Rp 607.430.000
Rp 715.720.000

Liabilities and Capital

2015
2016

Current Liabilities

Accounts Payable

Rp 87.500.000
Rp 90.730.000
Current Borrowing

Rp 0
Rp 0
Other Current Liabilities

Rp 0
Rp 0
Subtotal Current Liabilities

Rp 87.500.000
Rp 90.730.000

Long-term Liabilities

Rp 293.560.000
Rp 261.760.000
Total Liabilities

Rp 381.060.000
Rp 352.490.000

Paid-in Capital

Rp 0
Rp 0
Retained Earnings

Rp 125.290.000
Rp 226.370.000
Earnings

Rp 101.080.000
Rp 136.870.000
Total Capital

Rp 226.370.000
Rp 363.240.000
Total Liabilities and Capital

Rp 607.430.000
Rp 715.720.000

Net Worth

Rp 226.370.000
Rp 363.240.000

Advertisements
Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s