Make your life happier

Let’s Make Life Happier

Berapa kali kita menerima kebaikan dari orang lain? Hari ini saja, tentu sudah berkali-kali kita menerima kebaikan hati dari orang di sekitar kita. Orang tua, teman, sahabat, saudara, atau siapapun yang kita temui.
Berapa kali kita menerima kebaikan Tuhan? Wah, yang satu ini sih sudah nggak terhitung lagi. Bukan Cuma berkali-kali, tapi berkali-kali-kali….
Mungkin pada saat kita mengalami kesulitan, kebingungan, banyak masalah, akan sulit untuk mengingat kebaikan Tuhan yang telah kita terima. Baru saat semua masalah itu selesai kita akan bersyukur. Memang nggak salah, sih, bersyukur saat masalah-masalah yang kita hadapi terselesaikan. Namun, alangkah baiknya jika di saat kita sedang dirundung masalah pun kita tetap mampu bersyukur kepadaNya. Memang susah, tapi nggak ada salahnya dicoba. Kalau begitu susahnya bersyukur, katakan dengan jujur saja apa yang ada dalam hati kita. Walaupun kita nggak bilang, sebenarnya Tuhan tahu kok apa yang ada dalam hati dan pikiran kita.
Lalu mengapa kita harus berdoa?
Berdoa adalah saat pribadi kita bisa bicara langsung dengan Tuhan. Berdoa seperti halnya bicara, sebagai salah satu bentuk komunikasi, seharusnya berjalan dua arah. Kita bicara, Tuhan mendengar, dan sebaliknya, saat Tuhan bicara pun kita seharusnya mendengarkan.
Meskipun Tuhan tahu segala yang ada di pikiran kita, semua perasaan yang ada di dalam hati kita, akan lebih baik jika kita dengan jujur mengungkapkannya kepada Tuhan.
Jika kamu sudah mengetahui suatu peristiwa penting yang terjadi pada temanmu, kamu pasti akan lebih senang kalau temanmu itu sendiri bercerita kepadamu bukan? Seperti itu mungkin yang terjadi pada kita. Sekalipun Tuhan tahu semua hal yang terjadi pada kita selama hidup kita, Tuhan pasti lebih senang kalau mendengar kita sendiri yang bercerita kepadaNya.
Jujur saja, aku membuat tulisan ini juga saat aku sedang dalam suasana bahagia, dengan hati yang dipenuhi rasa syukur. Namun, aku coba mengingat lagi saat-saat dimana aku sedang banyak masalah, banyak pikiran, dan penuh kecemasan. Saat itu aku selalu berdoa, dan saat sedang ada masalah, saat kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan dan kita doakan, saat itu aku juga berusaha untuk tetap bersyukur. Memang susah, dan mungkin ucapan syukur yang kuucapkan dalam doaku setiap malam tidak sepenuhnya tulus, tapi katakan saja apa yang kamu rasakan.
“Tuhan, terima kasih atas semua yang boleh kuterima hingga hari ini. Aku bersyukur atas semua rahmat yang boleh kuterima, dan semoga aku bisa selalu bersyukur dalam setiap keadaan,”
Kalimat itulah yang selalu menjadi pembuka dalam setiap doa malamku. Dulu aku tidak berpikir untuk berdoa demikian, tapi lama-kelamaan muncul sebuah pemikiran dalam benakku.
Aku sering menasihati teman yang berada dalam masalah untuk tetap tabah dan sabar, dan berusaha melihat sisi baik dari setiap permasalahan yang mereka hadapi, tapi di saat aku sendiri sedang punya masalah, aku juga merasa belum bisa melihat sisi positif dari apa yang kualami. Aku merasa seperti orang munafik. Menasihati orang lain, sementara diriku sendiri saja belum bisa melakukannya. Sejak itu aku selalu mohon rahmat dari Tuhan, agar dalam situasi apa pun aku tetap mampu bersyukur kepada Tuhan.
Kita harus sadar bahwa begitu banyak rahmat yang dianugerahkan Tuhan kepada kita setiap harinya, yang mungkin tidak kita sadari. Maka, bersyukurlah setiap hari atas semua rahmat yang telah kita terima, baik yang kita sadari maupun yang tidak. Kita tidak boleh hanya bersyukur jika permohonan kita terkabul, karena jika kita terjebak dalam pemikiran itu, kita tidak akan bisa melihat kasih sejati Tuhan.
Kasih yang luar biasa besar yang telah dianugerahkanNya kepada kita setiap hari, setiap jam, setiap menit, setiap detik. Kasih yang tidak mengharapkan balasan. Kasih yang sempurna.
Sahabat, marilah kita mencoba untuk bisa bersyukur setiap saat dan berusaha menyadari kasih Tuhan yang selalu menyertai kita setiap saat. AMDG!

Uncategorized

Leave a Reply

